Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk

Yulandari Yulandari, Aswin Akbar

Abstract


Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh struktur modal secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam bentuk laporan keuangan lengkap untuk tahun 2010 sampai tahun 2017, Pengambilan sample menggunakan convenience sampling yaitu penentuan sample berdasarkan keinginan peneliti. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji f), sedangkan pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji koefisien determinasi (R2) variabel Debt to Equity Ratio dan Debt to Assets Ratio mampu menjelaskan keberadaannya terhadap variabel Return On Equity, selain itu secara uji simultan (uji F) variabel struktur modal (DER dan DAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROE) pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan secara uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel struktur modal yang meliputi Debt to Equity Ratio dan Debt to Assets Ratio menunjukkah bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROE), dan Debt to Assets Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROE).

Keywords


Debt to Equity Ratio, Debt to Assets Ratio, dan Return on Equity

Full Text:

PDF

References


Adi, S. N. (2014). Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Debt to Total Asset Ratio Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012. Universitas Bengkulu.

Astuti, K. D., Retnowati, W., & Rosyid, A. (2015). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas ( Studi Pada Perusahaan Go Publik Yang Menjadi 100 Perusahaan Terbaik Versi Majalah Fortune Indonesia Periode Tahun 2010-2012 ). Jurnal Akuntansi, 2(2339–2436), 49–60.

Dewi, S. P., Dermawan, E. S., & Susanti, M. (2017). Pengantar Akuntansi. Bogor: Penerbit IN MEDIA.

Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Penerbit Alfa Beta.

Holiwono, A. M. (2016). Pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan perusahaan sektor manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bei (periode 2010-2014). Universitas Hasanuddin Makasar.

Kristianti, I. P. (2018). Analisis pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Akuntansi, 2(1), 1–52. https://doi.org/10.29230/ad.v2i1.2222

Mahsun, M., Sulistyowati, F., & Purwanugraha, H. A. (2016). Akuntansi Sektor Publik (6th ed.). Yogyakarta: BPFE - Yogyakarta.

Marjohan, M., & Zatira, D. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap ROE Dampak Kebujakan Dividen, 200–234.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. (A. Kamsyach, Ed.) (1st ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, V. W. (2016). Pengantar Akuntansi. (Mona, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Secertariat Office:
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
Mail  : Jl. Sakti Lubis, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20219
Telp  : 061-7883991

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.